PSIKOLOGI BISNIS
II
Nama : Tyas Maudihastuti
NPM : 6016210103
Fakultas
Psikologi
Universitas
Pancasila
Jakarta
2018
Bab
I
Pendahuluan
Saat ini
penggunaan alat elektronik menjadi sebagai bagian dari bagian hidup. Alat elektronik
meupakan suatu alat yang dibuat atau dipergunakan manusia
berdasarkan prinsip pada sistem elektronika. Alat elektronik merupakan suatu
kebutuhan sehari-hari yang sering dkali dipergunakan oleh masyarakat untuk
memenuhi kebutuhan hidupnya.
Baik kebutuhan untuk bekerja,
menghubungi orang terdekat, mencuci, menonton, belajar, dan lain sebaginya.
Sebagai penjelasan lebih dalam, berikut akan pula diberikan tentang macam-macam
alat eletkrotik rumah tangga.
Jaringan internet ialah suatu gabungan sebuah jaringan dua atau lebih
perangkat komputer yang ada di seluruh dunia dan bisa di bilang merupakan suatu
rangkaian perangkat komputer yang terbesar di dunia, serta ukurannya akan terus
mengalami suatu perkembangan hingga tanpa batas waktu yang di tentukan selama
tekhnologi terus berkembang dan maju di dunia ini.
Beberapa tahun kebelakang dimulai dengan
adanya tren baru yaitu penjual dan pembeli tidak perlu bertatap muka untuk
melakukan transaksi jual beli. Kemajuan tersebut kini menjadi kegiatan
menyenangkan untuk dan dipastikan tren tersebut akan terus bekembang. E-Commerce atau toko online merupakan salah satu konsep yang
cukup berkembang dalam dunia internet. Penggunaan sistem penjualan secara online ini dapat menguntungkan banyak
pihak, baik pihak konsumen, produsen maupun penjual. Konsep online shopping menyediakan banyak
kemudahan dan kelebihan jika dibandingkan dengan konsep belanja yang
konvensional (tatap muka). Selain proses transaksi bisa menjadi lebih cepat,
konsep toko online atau e- commerce dapat memangkas banyak biaya
operasional karena penjual tidak diharuskan punya toko fisik.
Sebagai bagian dari kaum urban harus
dituntut untuk semakin kreatif dalam menjalankan usaha. Maka dari itu berdasarkan
fakta tersebut sangat penting untuk Strove
Shop sebagai bahan acuan dalam mengetahui apa saja langkah-langkah dan
strategi yang cocok untuk mengembangkan usahanya.
Bab
II
Landasan
Teori
Menurut (Ferra Pujiyanti, 2015)
transaksi keuangan adalah suatu kegiatan yang dapat mempengaruhi posisi
keuangan perusahaan. Usaha penjualan baju dengan desain dibuat sendiri meupakan
terobosan yang baru karena selera konsumen yang semakin bervariasi. Konsumen dapat
memilih jenis kaos, gambar, desain yang mereka inginkan. Perkembangan teknologi
informasi memungkinkan banyak orang untuk berjualan baju secara online. Kemudahan dalam membuat online shop atau toko online membuat semakin banyaknya orang
memulai untuk menjual pakaian. Philip Kotler (2000:88) menjelaskan bahwa proses
sosial manaherial dimana individu dan kelompok mendapatkan apa yang mereka
butuhkan dan inginkan, menciptakan, menawarkan dan mempertukarkan produk yang
bernilai dengan pihak lain.
Bab
III
Hasil
dan Pembahasan
Dalam penelitian ini menggunakan metode
kualitatif yaitu mewawancara narasumber. Hasilnya yaitu toko baju milik Alex
Tri Prakoso, Laki-Laki berusia 25 tahun, menghabiskan masa kecilnya di Depok,
Jawa Barat. Usahanya tersebut dimulai pada tahun 2013 dengan di support oleh David firmansyah sebagai creative design. Awal mula tercetus
usaha ini adalah passion pada rules underground
yang ada di diri mereka, tidak hanya itu kualitas barang pun sangat diperhatikan
dan juga rasa ke prihatinan kepada industri kecil padahal jika ditinjau secara
jauh kualitas produk indonesia dan luar negeri tidak jauh berbeda. Bahkan dari
sini dapat kita simpulkan bahwa jika membeli produk dalam negeri tidak hanya
sebagai kebutuhan biasa tetapi juga membantu ekonomi indonesia agar lebih maju.
Barang-barang yg dijual merupakan livehalf,
sistem penjualannya yaitu pemesan biasanya memesan pre order, ditargetkan minimal 6 Pcs pemesanan baju lalu kemudian
akan dicetak sesuai pesanan dan dikirimkan melalui jasa ekspedisi. Atau dapat
memesan langsung di alamat Kp. Areman 05/08 kel. Tugu Kec. Cimanggis, Depok. Lama
pembuatan berkisar 3 hari sampai 1 minggu tergantung jumlah pesanan. Peralatan yang
dipakai untuk mendesain yaitu komputer dan mesin sablon milik pribadi. Awal mula
pemasaan yaitu melalui door to door,
E-commerce. Untuk kontak pemesanan dapat melalui whatsapp 08122584524 atau
melalui facebook : Strove Shop twitter :
@stroveshop
Bab
IV
Analisis
data
Menurut analisis SWOT yaitu :
·
Strength (kekuatan)
1. Kualitas
bahan dan jaitan bagus
2. Gambar
bisa dipilih oleh pembeli
3. Gambar
sablon tidak mudah rusak
4. Warna
bevariasi
5. Jika
membeli 1 lusin maka akan di gratiskan 1 pcs baju
6. Jika
membeli 6 pcs maka akan mendapatkan potongan pada jumlah pembelian 10%
·
Weakness (kelemahan)
1. Pengerjaan
masih terlalu lama
2. Karyawan
yang masih sedikit
3. Belum
adanya toko pada aplikasi website seperti (bukalapak, tokopedia,blibli)
·
Opportunity (kesempatan)
1. Masih
sedikitnya penjual baju yang memiliki gambar rules underground
·
Threat
(ancaman)
1. Banyaknya
jasa konveksi baju disekitar depok
2.
Bab
V
Kesimpulan
dan saran
Berdasarkan data yang telah dibuat bahwa
masih banyak yang harus ditingkatkan dari kurangnya pemasaran pada strove shop,
metode door to door sangat tidak
efektif karena tidak semua konsumer selalu ada dirumah saat mereka menawakan
barang dagangannya.
Daftar
Pustaka
Susrini, N K. (2010). Cara Gampang Bikin
Toko Online. Jakarta: PT. Gramedia Sarana Indonesia.
Pujiyanti, F. (2015). Rahasia Cepat Menguasai
Laporan Keuangan Khusus Dengan Akutansi Dasar. Jakarta. Lembar Pustaka
Indonesia.
Balkis, A S., Masykur, A M,. (2016). Memahami
Subjective Well-Being Guru Honorer Sekolah Dasar Negeri. Volume 5(2), 223-228
Darma, Jarot S., Shenia A. (2009). Buku
Pintar Menguasai Internet. PT. Transmedia Pustaka.
0 komentar:
Posting Komentar