Rabu, 12 September 2018

wawancara strove shop


PSIKOLOGI BISNIS II

Nama : Tyas Maudihastuti
NPM : 6016210103





Fakultas Psikologi
Universitas Pancasila
Jakarta
2018
Bab I
Pendahuluan

Saat ini penggunaan alat elektronik menjadi sebagai bagian dari bagian hidup. Alat elektronik meupakan suatu alat yang dibuat atau dipergunakan manusia berdasarkan prinsip pada sistem elektronika. Alat elektronik merupakan suatu kebutuhan sehari-hari yang sering dkali dipergunakan oleh masyarakat untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.
Baik kebutuhan untuk bekerja, menghubungi orang terdekat, mencuci, menonton, belajar, dan lain sebaginya. Sebagai penjelasan lebih dalam, berikut akan pula diberikan tentang macam-macam alat eletkrotik rumah tangga.
Jaringan internet ialah  suatu gabungan sebuah jaringan dua atau lebih perangkat komputer yang ada di seluruh dunia dan bisa di bilang merupakan suatu rangkaian perangkat komputer yang terbesar di dunia, serta ukurannya akan terus mengalami suatu perkembangan hingga tanpa batas waktu yang di tentukan selama tekhnologi terus berkembang dan maju di dunia ini.
Beberapa tahun kebelakang dimulai dengan adanya tren baru yaitu penjual dan pembeli tidak perlu bertatap muka untuk melakukan transaksi jual beli. Kemajuan tersebut kini menjadi kegiatan menyenangkan untuk dan dipastikan tren tersebut akan terus bekembang. E-Commerce atau toko online merupakan salah satu konsep yang cukup berkembang dalam dunia internet. Penggunaan sistem penjualan secara online ini dapat menguntungkan banyak pihak, baik pihak konsumen, produsen maupun penjual. Konsep online shopping menyediakan banyak kemudahan dan kelebihan jika dibandingkan dengan konsep belanja yang konvensional (tatap muka). Selain proses transaksi bisa menjadi lebih cepat, konsep toko online atau e- commerce dapat memangkas banyak biaya operasional karena penjual tidak diharuskan punya toko fisik.
Sebagai bagian dari kaum urban harus dituntut untuk semakin kreatif dalam menjalankan usaha. Maka dari itu berdasarkan fakta tersebut sangat penting untuk Strove Shop sebagai bahan acuan dalam mengetahui apa saja langkah-langkah dan strategi yang cocok untuk mengembangkan usahanya.












Bab II
Landasan Teori

Menurut (Ferra Pujiyanti, 2015) transaksi keuangan adalah suatu kegiatan yang dapat mempengaruhi posisi keuangan perusahaan. Usaha penjualan baju dengan desain dibuat sendiri meupakan terobosan yang baru karena selera konsumen yang semakin bervariasi. Konsumen dapat memilih jenis kaos, gambar, desain yang mereka inginkan. Perkembangan teknologi informasi memungkinkan banyak orang untuk berjualan baju secara online. Kemudahan dalam membuat online shop atau toko online membuat semakin banyaknya orang memulai untuk menjual pakaian. Philip Kotler (2000:88) menjelaskan bahwa proses sosial manaherial dimana individu dan kelompok mendapatkan apa yang mereka butuhkan dan inginkan, menciptakan, menawarkan dan mempertukarkan produk yang bernilai dengan pihak lain.









Bab III
Hasil dan Pembahasan

Dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif yaitu mewawancara narasumber. Hasilnya yaitu toko baju milik Alex Tri Prakoso, Laki-Laki berusia 25 tahun, menghabiskan masa kecilnya di Depok, Jawa Barat. Usahanya tersebut dimulai pada tahun 2013 dengan di support oleh David firmansyah sebagai creative design. Awal mula tercetus usaha ini adalah passion pada rules underground yang ada di diri mereka, tidak hanya itu kualitas barang pun sangat diperhatikan dan juga rasa ke prihatinan kepada industri kecil padahal jika ditinjau secara jauh kualitas produk indonesia dan luar negeri tidak jauh berbeda. Bahkan dari sini dapat kita simpulkan bahwa jika membeli produk dalam negeri tidak hanya sebagai kebutuhan biasa tetapi juga membantu ekonomi indonesia agar lebih maju. Barang-barang yg dijual merupakan livehalf, sistem penjualannya yaitu pemesan biasanya memesan pre order, ditargetkan minimal 6 Pcs pemesanan baju lalu kemudian akan dicetak sesuai pesanan dan dikirimkan melalui jasa ekspedisi. Atau dapat memesan langsung di alamat Kp. Areman 05/08 kel. Tugu Kec. Cimanggis, Depok. Lama pembuatan berkisar 3 hari sampai 1 minggu tergantung jumlah pesanan. Peralatan yang dipakai untuk mendesain yaitu komputer dan mesin sablon milik pribadi. Awal mula pemasaan yaitu melalui door to door, E-commerce. Untuk kontak pemesanan dapat melalui whatsapp 08122584524 atau melalui facebook : Strove Shop  twitter : @stroveshop























Bab IV
Analisis data  

Menurut analisis SWOT yaitu :

·        Strength (kekuatan)
1.     Kualitas bahan dan jaitan bagus
2.     Gambar bisa dipilih oleh pembeli
3.     Gambar sablon tidak mudah rusak
4.     Warna bevariasi
5.     Jika membeli 1 lusin maka akan di gratiskan 1 pcs baju
6.     Jika membeli 6 pcs maka akan mendapatkan potongan pada jumlah pembelian 10%
·        Weakness (kelemahan)
1.     Pengerjaan masih terlalu lama
2.     Karyawan yang masih sedikit
3.     Belum adanya toko pada aplikasi website seperti (bukalapak, tokopedia,blibli)
·        Opportunity (kesempatan)
1.     Masih sedikitnya penjual baju yang memiliki gambar rules underground
·        Threat (ancaman)
1.     Banyaknya jasa konveksi baju disekitar depok
2.      
Bab V
Kesimpulan dan saran
Berdasarkan data yang telah dibuat bahwa masih banyak yang harus ditingkatkan dari kurangnya pemasaran pada strove shop, metode door to door sangat tidak efektif karena tidak semua konsumer selalu ada dirumah saat mereka menawakan barang dagangannya.


















Daftar Pustaka

Susrini, N K. (2010). Cara Gampang Bikin Toko Online. Jakarta: PT. Gramedia Sarana Indonesia.  
Pujiyanti, F. (2015). Rahasia Cepat Menguasai Laporan Keuangan Khusus Dengan Akutansi Dasar. Jakarta. Lembar Pustaka Indonesia.
Balkis, A S., Masykur, A M,. (2016). Memahami Subjective Well-Being Guru Honorer Sekolah Dasar Negeri. Volume 5(2), 223-228
Darma, Jarot S., Shenia A. (2009). Buku Pintar Menguasai Internet. PT. Transmedia Pustaka.

0 komentar:

Posting Komentar

 
tyas maudi hastuti Copyright © 2012 Design by Ipietoon Blogger Template