Rabu, 12 Desember 2018

PBC #8


Human Resource Development
Menurut Leonard Nadler, “Human resource development merupakan serangkaian kegiatan yang terorganisir, dilakukan dalam waktu khusus dan dirancang untuk menghasilkan perubahan perilaku.”
HRD (Human Resources Development) atau dalam bahasa indonesia berarti pengembangan sumber daya manusia, dan jika diartikan secara tata bahasa mempunyai arti sekelompok orang atau tim yang mempunyai tugas mengembangkan sumber daya manusia atau pekerja dalam suatu perusahaan ataupun organisasi.
Tugas HRD
1.      Merekrut calon pegawai untuk posisi yang sesuai dengan kemampuan mereka.

2.      Memberikan pelatihan dan pengembangan staf pada calon pegawai maupun pegawai yang sudah bekerja lama .Penyampaian tujuan perusahaan dan bagaimana karyawan bisa mencapai gol jangka pendek maupun jangka panjang seharusnya menjadi bagian dalam setiap orientasi karyawan baru.

3.      Memberikan pengenalan yang intensif kepada karyawan merupakan salah satu tugas pokok HRD. Program ini harus membantu karyawan baru untuk mengenal tugas dan deskripsi pekerjaannya, fungsi departemen, dan hubungan antara posisinya dengan posisi lain dalam perusahaan. Karyawan baru mendapatkan kejelasan yang bisa membuatnya berperan aktif dalam perusahaan.


4.      Memutuskan pemberian pengangkatan jabatan dan kompensasi.

5.      Pengembangan dan Training merupakan tugas pokok yang tidak bisa diabaikan oleh HRD. Huruf D dalam HRD adalah Development atau pengembangan. Ini artinya HRD berfungsi tidak hanya secara langsung di dalam perusahaan mengelola karyawan. Secara tidak langsung HRD berperan aktif meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang berdampak pada kinerja perusahaan melalui edukasi dan training yang meningkatkan keahlian karyawan.

6.      Sebagai salah satu komponen penting perusahaan, HRD bisa disetarakan dengan divisi R&D (Research and Development) dari perusahaan farmasi atau teknologi. Melihat pentingnya tugas dan fungsi HRD, sudah selayaknya jika departemen ini mendapatkan akses dan alokasi sumber daya yang memadai. Selain HRD yang berkualitas, sistem yang digunakan juga penting sebagai penunjang kesuksesan. Misalnya dengan menggunakan Software HR Cloud sebagai tools untuk membantu aktivitas HR perusahaan anda dan juga membantu anda untuk mendokumentasikan setiap Job desc perangkat organisasi atau perusahaan.

7.      Survei pegawai baru

8.      Monitoring perlengkapan kesehatan dan keselamatan (K3) bagi pegawai.

9.      Trouble shooting dan pemecahan masalah bagi pegawai.

Pengembangan dan Training merupakan tugas pokok yang tidak bisa diabaikan oleh HRD. Huruf D dalam HRD adalah Development atau pengembangan. Ini artinya HRD berfungsi tidak hanya secara langsung di dalam perusahaan mengelola karyawan. Secara tidak langsung HRD berperan aktif meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang berdampak pada kinerja perusahaan melalui edukasi dan training yang meningkatkan keahlian karyawan.

10.  Menjaga hubungan relasi dengan setiap pegawai. Tugas pokok HRD adalah memotivasi karyawan. Banyak karyawan tidak berkontribusi dalam pencapaian tujuan perusahaan karena mereka tidak termotivasi. HRD seharusnya mempunyai sebuah sistem yang menyediakan manfaat finansial maupun non-finansial bagi karyawan setiap departemen. Kesejahteraan karyawan akan mendukung kepuasan dalam bekerja.

11.  Merupakan tugas HRD untuk menciptakan dan memelihara kondisi dan atmosfir kerja yang kondusif sehingga karyawan menyukai lingkungan tempat kerja mereka.

12.  Membentuk tim yang sesuai dengan kemampuan setiap pegawai untuk proyek-proyek tertentu, dll
HRD sebagai suatu proses terjadi dalam organisasi dan merangkum :
·         Training and development (TD), pengembangan keahlian manusia untuk tujuan memperbaiki kinerja
·         Organization development (OD), memberdayakan organisasi untuk memanfaatkan modal sumber daya manusia.



0 komentar:

Posting Komentar

 
tyas maudi hastuti Copyright © 2012 Design by Ipietoon Blogger Template