Visi dan misi
Visi
Menurut Wibisono (2006,
p. 43), visi merupakan rangkaian kalimat yang menyatakan cita-cita atau impian
sebuah organisasi atau perusahaan yang ingin dicapai di masa depan. visi suatu
organisasi terdapat juga nilai-nilai, aspirasi serta kebutuhan organisasi di
masa depan seperti yang diungkapkan oleh Kotler yang dikutip oleh Nawawi
(2000:122), Visi adalah pernyataan tentang tujuan organisasi yang diekspresikan
dalam produk dan pelayanan yang ditawarkan, kebutuhan yang dapat ditanggulangi,
kelompok masyarakat yang dilayani, nilai-nilai yang diperoleh serta aspirasi
dan cita-cita masa depan. Visi yang efektif memiliki karakteristik :
1. Imagible
(dapat di bayangkan)
2. Desirable
(menarik).
3. Feasible (realities dan dapat dicapai).
4. Focused (jelas).
5. Flexible (aspiratif dan responsif terhadap
perubahan lingkungan).
6. Communicable (mudah dipahami).
Visi bagi organisasi atau perusahaan
dapat digunakan sebagai:
1. Penyatuan tujuan, arah dan sasaran perusahaan
2. Dasar
untuk pemanfaatan dan alokasi sumber daya serta pengendaliannya
3. Pembentuk dan pembangun budaya perusahaan
(corporate culture)
Misi
Menurut Drucker
(2000:87), Pada dasarnya misi merupakan alasan mendasar eksistensi suatu
organisasi. Pernyataan misi organisasi, terutama di tingkat unit bisnis
menentukan batas dan maksud aktivitas bisnis perusahaan. Jadi perumusan misi
merupakan realisasi yang akan menjadikan suatu organisasi mampu menghasilkan
produk dan jasa berkualitas yang memenuhi kebutuhan, keinginan dan harapan
pelanggannya (Prasetyo dan Benedicta, 2004:8)
Langkah penyusunan misi
yang umum dilakukan oleh organisasi atau perusahaan adalah dengan mengikuti
tahap-tahap berikut ini:
1.
Melakukan proses brainstorming dengan
mensejajarkan beberapa kata yang menggambarkan organisasi
2.
Penyusunan prioritas dan pemfokusan pada
kata-kata yang paling penting
3.
Mengkombinasikan kata-kata yang telah
dipilih menjadi kalimat atau paragraf yang menggambarkan misi perusahaan
4.
Mengedit kata-kata sampai terdengar
benar atau sampai setiap orang kelelahan untuk adu argumentasi berkaitan dengan
kata atau fase favorit mereka.
Alfamart
Vision
"Menjadi jaringan
distribusi ritel terkemuka yang dimiliki oleh masyarakat luas, berorientasi
kepada pemberdayaan pengusaha kecil, pemenuhan kebutuhan dan harapan konsumen,
serta mampu bersaing secara global"
“To be Indonesia’s largest
and globally competitive widely owned retail distribution network that empowers
small entrepreneurs and fulfills customer needs and expectations"
Mission
- Memberikan kepuasan kepada
pelanggan dengan berfokus pada produk dan pelayanan yang berkualitas
unggul / To satisfy customer needs and expectations by focusing on
high quality products and services.
- Selalu menjadi yang terbaik dalam
segala hal yang dilakukan dan selalu menegakkan tingkah laku/ etika bisnis
yang tinggi /To implement ethical business practices, to be the best in
all of our actions.
- Ikut berpartisipasi dalam membangun
negara dengan cara menumbuh-kembangkan jiwa wiraswasta dan kemitraan usaha
/ To develop entrepreneurial spirits and skills in the Company and
the society.
- Membangun organisasi global yang
terpercaya, sehat dan terus bertumbuh dan bermanfaat bagi para pelanggan,
pemasok, karyawan, pemegang saham dan masyarakat pada umumnya / To
develop a reliable, healthy and growing organization which benefits all
stakeholders.
Mc
Donald
Visi
Visi McDonald’s adalah menjadi restoran cepat saji dengan pelayanan
terbaik di dunia. Untuk mencapai visi ini, McDonald’s selalu menjamin mutu
produk-produknya, memberikan pelayanan yang memuaskan, menawarkan kebersihan
dan keamanan produk pangan serta nilai-nilai tambah lainnya. Senyum konsumen
adalah hal penting untuk McDonald's.
Misi
1. Menjadi perusahaan terbaik bagi semua karyawan kami di setiap
komunitas di seluruh dunia.
2. Menghadirkan pelayanan dengan sistem operasional yang unggul bagi
setiap konsumen kami di setiap restoran cabang McDonald’s.
3. Terus mengalami perkembangan ke arah yang menguntungkan sebagai sebuah
brand, serta terus mengembangkan sistem operasional McDonald’s ke arah yang
lebih baik lagi lewat inovasi dan teknologi.
Samsung
Visi
Menginspirasi dunia, menciptakan masa depan
misi
menginspirasi dunia dengan teknologi inovatif, produk dan desain yang
memperkaya kehidupan masyarakat dan berkontribusi pada kemakmuran sosial dengan
menciptakan masyarakat baru
SMA Taruna Nusantara Magelang
V I S I
Sekolah yang membentuk
Kader pemimpin bangsa berkualitas dan berkarakter yang berwawasan Kebangsaan,
Kejuangan, Kebudayaan, dengan bercirikan Kenusantaraan serta memiliki daya saing
Nasional maupun Internasional
M I S I
1.
Menyiapkan kader pemimpin bangsa yang
beriman dan bertaqwa kepada Tuhan YME
2.
Menyiapkan kader pemimpin bangsa yang
berkualitas, berkarakter dan berbudaya
3.
Menyiapkan lulusan yang memiliki kesetiaan
terhadap Bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan
Pancasila dan UUD 1945
4.
Menyiapkan lulusan yang memiliki potensi
kepemimpinan yang berwawasan Kebangsaan, Kejuangan, Kebudayaan, bercirikan
Kenusantaraan
5.
Menyiapkan lulusan yang memiliki
keunggulan komparatif, kompetitif, dan distingtif dalam aspek Akademik,
Kepribadian dan Kesamaptaan Jasmani serta kemampuan IPTEK sehingga mempunyai
daya saing yang tinggi di tingkat Nasional dan Internasional
BNI
Visi BNI
Menjadi Lembaga
Keuangan yang Unggul dalam Layanan dan Kinerja
Misi BNI
·
Memberikan layanan prima dan solusi yang
bernilai tambah kepada seluruh nasabah, dan selaku mitra pilihan utama.
·
Meningkatkan nilai investasi yang unggul
bagi investor.
·
Menciptakan kondisi terbaik bagi
karyawan sebagai tempat kebanggaan untuk berkarya dan berprestasi.
·
Meningkatkan kepedulian dan tanggung
jawab kepada lingkungan dan komunitas.
·
Menjadi acuan pelaksanaan kepatuhan dan
tata kelola perusahaan yang baik.
Visi misi saya sendiri
Visi
Menjadi warga
masyarakat yang berkualitas sehingga berguna bagi nusa, bangsa dan negara.
Misi
Menjalankan sila-sila
pancasila
Meningkatkan kepedulian
antar sesama makhluk hidup
Daftar
pustaka
Yunus, Eddy. (2016).
Manajemen Strategis. CV Andi offset. Yogyakarta.
http://corporate.alfamartku.com/visi-misi-perusahaan
https://mcdonalds.co.id/tentang-mcdonalds/info-perusahaan/visi-misi
https://www.samsung.com/id/aboutsamsung/vision/vision2020/
http://taruna-nusantara-mgl.sch.id/visi-dan-misi/
0 komentar:
Posting Komentar